25 November, 2013



           (Sempet) tinggal di kawasan Salemba bikin saya kurang lebih familiar sama makanan di daerah ini. Ada sop buntut dan soto Betawi enak, warung menu ke-bule-bulean dengan harga nggak sampai duapuluh lima ribu, kedai jamu yang superrr rame, juga rumah makan dengan menu khas Surabaya. Semuanya kesukaan saya nih, termasuk warung khas Surabaya ini, namanya WEAS, alias WarungE Arek Suroboyo! Manstappp!

           Saya - si bukan orang Jawa Timur-, kesengsem sama menu tahu tek nya. Iyak, tahu tek nya uhenaaak! pernah makan tahu tek di warung Surabaya-an di kawasan Fatmawati dan kenalan sama menu ini. Eh ternyata di WEAS rasanya lebih ashoy. Tempatnya juga gampang banget ditemuin. Kalau dari jalan raya Salemba, tepat di belokan Seven Eleven belok kiri luruuus, ketemu lampu merah/pertigaan ambil jalan yang paling kanan arah stasiun Kramat. Nggak jauh dari situ, tempatnya sebelah kiri. Nah, kalau masuk dari arah stasiun Kramat, tinggal jalan sedikit dan langsung ketemu warung bercat kuning ngejreng ini di sebelah kanan.

          Testimoni serupa soal rasanya, juga saya dapetin dari temen saya, yang orang Surabaya dan asli Sidoarjo. Menurut dia, WEAS ini rasanya paling Jawa Timuran. Pas ngobrol sama mbak pemiliknya, ternyata rahasianya ada di petis yang dipakai. Yaks, petis yang item gelap dan khasnya masakan Jawa Timuran itu. Ternyata bukan sembarang petis, petis yang dipakai adalah buatan Sidoarjo, setelah sebelumnya gonta-ganti bahan petis yang rasanya nggak se-khas petis ini.

 Rujak cingur (Rp 15.000). Saya juga suka banget menu ini, 
asalkan.....nggak pake cingur :P

         
Menu kesukaan saya tentu aja tahu tek telor (Rp 15.000). Harga segitu belum termasuk lontong. Dijamin kenyang nampol deh kalo pake lontong. Tahunya lembut, dikocok bareng telur dan digoreng, trus disiram bumbu racikan dari gula merah, cabai, bawang putih dan petis yang diberi tambahan potongan kentang rebus. Di sini, menunya juga komplit banget. Ada tahu campur (yang mana dulu pernah salah pesen ini), rujak cingur, gado-gado siram, rawon, nasi krengsengan, soto ayam Surabaya, sop iga, dan aneka menu lainnya. Panjang banget daftar menunya! 

          Jangan salah, biar kata ini warung, tapi jangan kaget kalau liat TV nya. Di tengah-tengah warung, ada TV LCD gede banget, ada kali 50 inch. Keren yaks! Oh iya, WEAS juga terima delivery order lho. Tapi pasti lebih enak kalo dimakan langsung abis diracik dong pastinya!


WEAS
Jl. Salemba Tengah No. 65B Jakarta Pusat
Telp: 021-90314829 / 0811881524
 

 menu tahu campur

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates