02 November, 2013




Nggak punya kendaraan ataupun males nyetir nggak boleh jadi penghalang jalan-jalan dong sis dan bro rahimakumullah. Tentu ada alternatif lain: naik kendaraan umum. Seperti yang saya lakukan waktu jalan-jalan ke Curug Cigamea di kawasan wisata Gunung Salak Endah, desa Gunungsari, kecamatan Pamijahan, kabupaten Bogor. Tentunya hemat dan nggak kalah seru!

Perjalanan dimulai dari rumah saya di Bekasi menuju Bogor naik Commuter Line. Ditempuh sekitar 1 jam 20 menit dengan harga tiket Rp 5.000. Berbekal Googling, saya dapet info kalau lebih enak lewat Ciapus, sementara teman saya prefer naik angkot menuju Leuwiliang. Akhirnya kita pergi ke Tourist Information Center (TIC) yang letaknya di Taman Topi, tepat di sebelah stasiun. Ada petunjuk jalan dan mudah ditemui. Bapak petugasnyapun informatif dan enak ditanya-tanya. Cuss, akhirnya kita bakal lewatin jalur arah Leuwiliang.

Dari situ kita nyebrang ke depan Matahari Dept. store, langsung naik angkot 03 tujuan terminal Bubulak. Jarak tempuhnya sekitar 25 menit dengan ongkos Rp 2.500/orang. Dari terminal, kemudian ganti angkot menuju Leuwiliang (seinget saya sih angkotnya nggak dilengkapi nomor). Jangan lupa tanya ke sopirnya “lewat Cibatok nggak bang?”. Menurut petugas TIC, ada juga angkot ke Leuwiliang yang nggak lewat Cibatok, tempat kita turun. Perjalanannya lumayan lama, sekitar 45 menit dari situ (ongkos Rp 7.000/orang). Meski ibu saya asli Bogor, tapi soal jalan dan angkot di Bogor jangan ditanya yahh. Pengetahuan saya sempit sekali soal itu, mungkin masuk ke kategori IQ jongkok. Tentu disiasati dengan nanya teteh-teteh sebelah atau nyolek abang sopirnya.

Kitapun diturunin di pertigaan Cibatok, dan kenek langsung ngarahin kita naik angkot biru. Di sini perjalanannya mulai menanjak dengan pemandangan alam yang lumayan bagus. Ternyata angkot ini nggak melewati curug Cigamea ataupun curug-curug lainnya di kawasan wisata Gunung Salak Endah (GSE). Kita-kita yang nggak bawa kendaraan diharuskan untuk naik ojeg, carter angkot, atau kalo mau menguatkan betis, menghemat uang dan ngukur jalan, boleh lho jalan kaki dengan posisi jalan menanjak. Kami akhirnya sewa angkot, dengan harga Rp 70.000 pulang pergi (dijemput).

Perjalanannya asyik, keren dan lumayan mengobati dahaga akan udara segar. Setelah naik angkot sekitar 1 jam (biarpun judulnya ‘carter’, tapi nyatanya si bapak supir tetap naik-turunin penumpang, plus pake ngetem. Yaaa diterima aja deh yaaa), kitapun sampai di depan pintu masuk curug Cigamea, dan bayar tiket Rp 6.000/orang.

Jadi, berapa kira-kira biaya yang dikeluarin?

Commuter Line Bekasi – Bogor    : Rp 5.000
Angkot stasiun – Bubulak             : Rp 2.500
Bubulak – pertigaan Cibatok        : Rp 7.000
Cibatok – GSE – Cibatok              : Rp 0 (soalnya gak ikut patungan Rp 70.000 :D)
Masuk Curug Cigamea                 : Rp 6.000
Makan Indomie & teh panas         : Rp 13.000
Cibatok – Bubulak                        : Rp 7.000
Bubulak – stasiun                         : Rp 2.500
Toge goreng Taman Topi              : Rp 13.000
Commuter Line Bogor – Bekasi    : Rp 5.000
Angkot stasiun – rumah                : Rp 3.000
                                                     -------------------------
                                      TOTAL    : Rp 64.000/orang

Nah, enggak mahal kan! Coba, kalau ke mal di Jakarta, uang Rp 100.000 habis buat makan siang dan beli kopi segelas :D. Kalau ke sini, bisa jalan-jalan puas seharian. Kalau datang lebih pagi, bisa mampir ke pemandian dan curug-curug lain juga. Syelamat jalan-jalaaaaan!

9 komentar

Thanks infonye bu,,td ngeliat foto temen d fb lg d neh curug,jd kepengen mao ksana,mao nanya ma die takut dblang ga gaul,masa kcurug aje ga tau,hahaha..

REPLY

Sama2, smoga jd manfaat :))

REPLY

Nice journey sista :-)

REPLY

Wehehe tengkyuh mas Rider Alit! Suksess dgn dunia per-motor-annya :)

REPLY

Mksih info ny...sy trmsuk yg jln2 tp naik umum..cri info ny agak susah ...tp akhir ny dpt jg..mksih ya say....

REPLY

Mksih info ny...sy trmsuk yg jln2 tp naik umum..cri info ny agak susah ...tp akhir ny dpt jg..mksih ya say....

REPLY

Terima kasiiih Sholihati... Senengg kalau tulisannya bermanfaat buat yang lain... selamat jalan2 :)

REPLY

Syukron ukhti atas infonya ,sangat bermanfaat .jazakillah...

REPLY

Thanks infonya ya. Saya suka gaya tour kayak gini. Gaya koboy nikmatin alam tapi dengan biaya minimalis eh salah di minilasir 😀

REPLY

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates