18 April, 2014




























          Cari pemandangan hijau, tempat seru, banyak pohon dan masih di Jakarta? Tenang, itu bukan sekedar fatamorgana dan lelucon garing. Umat Jakarta dan sekitarnya masih boleh bahagia karna ada tempat oke bernama Taman Wisata Alam Muara Angke (TWA Muara Angke) yang syip banget buat dikunjungi. Lokasinya terletak di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, persis di belakang Yayasan Buddha Tzu Chi. Tentu bawa kendaraan pribadi paling praktis, tapi berdasarkan pengalaman saya sendiri saat mampir hari Jumat (18/04), naik kendaraan umum juga asik kok. Mau naik kereta, TransJakarta ataupun bus biasa, gampang!


1. Naik Commuter Line

 Anak pecinta kereta macam saya pasti paling seneng naik moda transportasi massal ini. Hemat dan cepet (kalo enggak gangguan, ya). Bisa naik dari stasiun terdekat dari Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang ataupun Serpong, kemudian turun di Stasiun Kota dan dilanjut BKTB dari halte TBusway Jakarta Kota. Direktorinya ada di poin 3 yah :)

2. Naik taksi

Abang tukang telor puyuh terminal kaliderespun tau kalau transportasi ini yang paling gampang mekipun kurang ramah di kantong. Modalnya ada 2, uang di dompet dan lambaian tangan. Berapa tarifnya? Sebagai gambaran, naik taksi Blue Bird dari Stasiun Kota tarifnya Rp 52.000. Menurut Google Map, jarak tempuhnya sekitar 11km dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. Minta arahkan ke Pantai Indah Kapuk, belakang Yayasan Buddha Tzu Chi. Lokasinya persis di belakang bangunan megah ini.

3. TransJakarta

TransJakarta juga bisa jadi moda andalan. Arahkan tujuan ke Halte Monas ataupun halte Jakarta Kota (koridor 1), dan tunggulah BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) ke arah Pluit/Pantai Indah Kapuk. Tarif BKTB ini gak mahal, Rp 6.000/orang dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Minta turun di belokan sebelah Yayasan Buddha Tzu Chi, dari situ jalan kaki sekitar 300 meter. Marka jalan menuju TWA Muara Angke nya cukup jelas, kok. Menurut saya sih, ini yang paling praktis!
Bisa juga menempuh rute TransJakarta koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit), kemudian turun di halte Penjaringan, kemudian dilanjut naik angkot merah B01 jurusan Grogol-Angke.

4. Bus

Bisa naik bus apa saja yang menuju ke Grogol, kemudian ganti angkot merah B01 jurusan Grogol-Angke dari terminal Grogol. Kalau dari Blok M, bisa menumpang bus Steady Safe no 37 jurusan Blok M-Muara Angke dan turun di Mega Mal Pluit. Dari sini berganti angkot nomor 11 hingga jalan Mandara, kemudian dilanjut naik angkot yang menuju Yayasan Buddha Tzu Chi.

Semoga membantu, dan selamat jalan-jalan singkat plus hemat!

3 komentar

Flo, kalo naik BKTB itu ngelewatin waduk pluit juga gak sih?

REPLY

Terus kalo baliknya dari TWA ke arah stasiun kotanya susah ngga min? Atau sama dengan cara yang dipake buat datang ke TWA...trims

REPLY

terima kasih infonya :)

REPLY

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates