06 Juli, 2014

Foto: Purple Foodie


Hello universe! Ini ceritanya kan eyke tante berkeponakan satu. Si bocil ini deket banget sama tantenya, dan si tante cukup tau lahh fase-fase pertumbuhannya. Ihiy, cihuy banget kan yah itung-itung kursus tidak berbayar dan praktek langsung ngurus anak sebelum punya sendiri. Naah, masuk umur 3 tahun, si ponakan susah banget makan buah. Ini nggak suka, itu nggak mau. Tapi si anak ini suka banget kalo makan roti pakai selai buah. Naaah, tercetuslah ide di benak saya. MARI KITA BIKIN SELAI SENDIRI! No pengawet, buahnya segar dan nggk rasa gula doang. 

Gimana, gimana caranya? Okehh, mari ikuti tante!



Bahan-bahan yang dipake ini semuanya nggak pake takaran yang baku. Ngikutin feeling aja, karena hati kan nggak pernah salah ya. Apalagi cinta. Ehhh....

Jadi bahannya kira-kira begini:

2 kemasan strawberry segar (waktu itu beli di Lembang, Rp 25.000/2 box)
1 buah lemon, diperas airnya
5sdm gula pasir
4sdt maizena, dilarutkan dengan air kurang lebih 5sdm


                                                                                                                                                                                               
Strawberrynya dicuci bersih, kemudian langsung dimasukkan ke blender dan dihaluskan bersama air setengah gelas. Langsungggg pindahin ke wajan bersih. Jangan lupa masukkan gula nya, aduk bersama di atas api kecil. Diaduk terus ya sis, jangan didiamkan terlalu lama, karena bisa-bisa ia berpaling ke gadis yang lain. eh.

Abis itu, apalagi? Masukin air lemonnya. Ini optional aja sih, menurut saya sih tambahan rasa kecut dari lemon bikin rasanya makin seger. Kalau udah mendidih, baru deh masukin maizena dan terus diaduk sampe airnya menyusut. Setelahnya, cusss matiin kompor dan didiamkan sampai dingin. Baru deh dipindahin ke wadah beling berpenutup rapat dan disimpan ke kulkas.

Foto: chrysalisherbs

Berhubung nggak pake macem-macem, selainya diusahakan nggak dipakai lebih dari seminggu yah bu-ibu. Oh iya, menurut saya rasanya endeus banget! Asem-asem strawberry plus jeruk, tapi ada rasa manis yang tipis. Enak banget buat dioles ke roti. Kalo buat keponakan, biasanya dia makan bareng potongan apel atau semangka. Jadi dipilih buah yang segar dan berair, terus dicolek ke selai. Jadi nggak bosen kan ya... Okeih, selamat mencoba!

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates