05 Agustus, 2014


Nyari destinasi liburan buat keluarga dengan budget mini tapi seru nya maksi? Lagi liburan di Puncak dan bingung mau kemana? Mandalawangi yang terletak di area Kebun Raya Cibodas bisa jadi salah satu tujuannya. Nggak repot bawa anak kecil, jalan nya nggak terlalu jauh, tapi tetep seru dan bisa piknik. Ada sungai, ada danau, ada pohon-pohon, dan ada rerumputan buat lari-lari anak kecil. Biaya masuknya juga terjangkau, Rp 6.000 aja per orang. Cocok lah ya di kantong. Eike dan keluarga pun iseng jalan-jalan ke sini, mumpung lagi ada di Puncak. 




Mandalawangi merupakan camping ground yang terletak di dalam kompleks Kebun Raya Cibodas. Jadi Mandalawangi utamanya dimanfaatkan buat camping, tapi area nya luas dan bisa sekaligus buat jalan-jalan. Begitu beli tiket dan masuk, langsung keliatan batang pohon besar sebagai 'pintu masuk' sekitar 20 meter di depan. Setelah naik tangga beberapa meter, langsung deh ketemu jembatan komodo! Si komodo ini juga berfungsi sebagai jembatan ke dataran seberangnya membelah sungai. Asik juga ngademin kaki di sungai kecil di sebelahnya. Ada titian tali di atasnya buat kamuh kamuh yang pengen main beginian. Hrateys!

Di sini, udah langsung keliatan tenda-tenda yang dipake buat nginep. Tempatnya kalo dijelajahi luaaass, tinggal pilih mau deket pintu masuk, deket warung/MCK, atau agak jauhan supaya lebih tenang dan nggak ganggu tenda sebelah karna rame sama temen-temen. Di sini, rata-rata yang kemping keluarga kecil dengan anak-anak balita, tapi banyak juga yang nginep bareng-bareng temen. Ih seru yah. Boleh lah nanti kalo udah punya anak. Eciye, ihiy. 

Ada beberapa pertimbangan yang bikin kemping di sini asik:

- Deket ke pintu keluar dan parkiran mobil
- Deket kantor pengelola, jadi kalo ada apa-apa nggak susye
- Walopun ada di bagian depan, tapi dinginnya puncak dan segernya udara tetep berasa banget
- Penyewaan, konsumsi dll tersedia semua. Kalo nggak mau repot dan budgetnya masuk, semuanya bisa aja disediain pihak Mandalawangi
- Kids-friendly, cocok banget buat ngenalin anak ke alam bebas


Segitu doang? Enggak doooong... Lihat aja keterangan lokasi yang mengarah ke danau atau rumah Korea. Nggak nyampe 100 meter, ada danau yang tenang, bersih dan ademmm. Di sini ada penyewaan perahu dengan tarif Rp 100.000/jam atau Rp 20.000 buat satu putaran. Satu perahu bisa diisi 4-5 orang. Sewa satu putaran juga udah lumayan seru kok. Di atasnya juga ada titian tali, yang juga gratis dan asik buat dicoba. Fasilitas toilet dan warung juga ada. Oh ya, Musholla nya juga adem bangets dan letaknya ke tengah danau.

Nah, soal kemping, eneng udah nanya-nanya sama ibu-ibu pemilik warung yang kemudian ngasih brosur. Ini dia rincian biaya penyewaannya:
Tenda pleton Rp 1.000.000/malam, kapasitas 50 orang
Tenda citarum Rp 150.000/malam, kapasitas 8 orang
Tenda dom Rp 50.000/malam, kapasitas 4 orang
Jenset Rp 500.000/malam
Matras spon kecil Rp 10.000/malam
Sleeping bag Rp 10.000/malam

Kalo nggak mau repot bin ribet, ada juga paketannya, mulai dari Rp 145.000 sampai Rp 175.000/orang per malam, termasuk makan 3x sehari, api unggun, sleeping bag, komplit semuanya deh. Tersedia juga paket makanan boks dan juga snack. Hmm, pas dicek ke blog nya Mandalawangi, harga yang tertera agak beda. Jadi monggo di re-check lagi :)


FYI, Mandalawangi, dan Kebun Raya Cibodas secara keseluruhan gampang banget dijangkau buat yang naik kendaraan umum. Berdasarkan pengalaman pribadi, banyak pilihan buat ke sini. Kalo dari Jakarta, tinggal naik bus arah Tasik ataupun Garut via Puncak. Naik bus 3/4 bernama Parung Indah (Kp. Rambutan - Cianjur) juga bisa jadi pilihan dengan tarif sekitar Rp 15.000/orang. Nanti minta turun di pertigaan Cibodas, langsung dilanjut angkot menuju Cibodas @Rp 3.000 deh. Turunnya persis di depan Mandalawangi, karena tempat ini lokasinya agak di depan dan nggak perlu jalan kaki jauh. Asik yess!

13 komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Kami tunggu kunjungan berikutnya ya bu,... :)

REPLY

Terima kasih untuk informasinya tentang Mandalawangi dan kebun raya cibodas,cukup menarik :)

REPLY

Informasi yang sangat bermanfaat :) btw kalo bawa tenda sendiri gimana?

REPLY

mantap,,
makasih infonya,,

REPLY

wah... wajib kesana tuh. keren referensinya. ini yg sedang saya cari...

REPLY

Info donk kalo kita bawa semua peralatan sendiri itu dikenakan biaya gak? Mungkin sewa tempat/ yg lain.

REPLY

Info donk kalo kita bawa semua peralatan sendiri itu dikenakan biaya gak? Mungkin sewa tempat/ yg lain.

REPLY

Seru juga kayaknya nih mandalawangi,,next trip lah kudu dijamah..
Makasih infonyaaaa

windiaz-zikra.blogspot.com

REPLY

Seruuuu...... Mba kalau untuk anak 4 tahun friendly nga ya tempatnya?

Www.namnamstory.blogspot.com

REPLY

buat teman2 yg butuh sewa peralatan kemping murah bisa hubungi nicecamp cibodas cp : 08128083576 (WA/Call/Sms) - 085722220919 - 081912220214 pin bbm 2856ED42 atau klik nicecamp.com dan nicecampcibodas.blogspot.com selamat berlibur dan ber wisata camping,

REPLY

SENOCAMPING (rental tenda camping)JL.hm.syarifudin no.49 bogor.kami menyewakan tenda camping dan perlengkapan lain nya.untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami di 085770212302 (seno) bbm:5d7b50fb www.senocamping.blogspot.com

REPLY

kami tungggu kunjungannya kembali, semoga di lain waku kita bisa bekerja sama

https://pangrangocamp.com

hormat kami

salam

REPLY

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates