28 Maret, 2015

Saya belum lupa gimana enaknya makan ayam taliwang di sebuah resto terkenal di Lombok. Ayamnya empuk gurih dan bikin kepedesan. Sambelnya juga pedes banget, kayak omongan guru BP pas SMA. Plus plecing kangkung yang kangkungnya gemuk-gemuk, disiram sambal tomat dan kacang goreng. Deuuuhhh, jadi kangen plus laper kan nih!

Kemudian ajakan makan ayam taliwang muncul di suatu sore. Bukan, bukan ngajak ke Lombok, tapi makan ayam taliwang yang resep nya sudah diimpor (deuh, impor) ke pinggiran Jakarta, alias Serpong. Seperti anak kecil yang mudah goyah imannya melihat tukang balon, nah hati saya juga mudah trenyuh akan ajakan-ajakan kulineran macam ini. Jadi, langsung meluncurlah kita dari kantor di Tugu Tani ke daerah Serpong!


Hidup itu pilihan, begitu juga dengan level kepedasan ayam taliwang di sini. Tinggal pilih, mau manis, sedang, pedas, atau super pedas. Dan ada pilihan sambal manis atau sambal pedas. Sebagai fans paduan pedas – manis, saya pilih ayam bakar pedas dengan saus manis. Ini enak banget, ayamnya empuk, gurih dan pedas, kemudian dicocol ke sambal manis. Yes, what a perfect match!

Ayam taliwang IDR 34.000/ekor

Kalo saya makan dengan anteng nya, beda lagi dengan temen-temen lain. Ada yang garuk-garuk, ada yang mendadak ingusan. Ternyata sambal lah penyebabnya! Jadi ayam taliwang level pedas dikunyah bareng sambal pedas. “Wuih ini pedesnya ya ampun… Tapi seger cui!”. 

Gak ada asap kalo ga ada api. Ga afdol kalo makan ayam taliwang tapi gak mesen plecing kangkung. Side dish ini terdiri dari rebusan kangkung dan tauge yang disiram sambal tomat dan kacang tanah goreng. Jangan lupa dikasih perasan jeruk limau nya. Suegerrr shay! Enak banget pake nasi. Hmm, kalo kangkungnya dibikin lebih renyah dan rebusnya nggak terlalu lama, pasti lebih pas nih!

plecing kangkung, IDR 8000

Setelah beres makan, barulah saya tau, motif apa yang membuat ayam taliwang di sini enak banget. Pertama, saya laper. Kedua, ternyata yang ngeracik menu nya emang orang Kampung Taliwang Lombok asli. Okei, jadi sekarang nambah lagi satu tempat makan enak versi saya! Oh ya, kalo mau mampir, alamatnya di Pasar Modern Paramount Serpong, persis di sebelah pintu masuknya. Buka tiap sore sampai malam. Akhir kata, selamat makan!

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates