24 Juni, 2015


Assalamualaikum para pecinta sinetron tanah air,

Kita tentu tahu betul apa makanan yang paling khas dari Palembang. Iyak betul, coto Makassar! Ya pempek dong ya Bang. Ada sekian banyak nama dan merk penjual pempek di tanah Wong Kito ini yang rasanya selalu memanggil-manggil untuk dibeli dan dibawa ke Jakarta. Harganya ada dari yang murah, sampe yang mihil. Tapi jangan selalu terkecoh dengan nama dan harga, karena gak semua pempek tenar rasanya juga heboh.

Naahhh, sebenernya, pempek itu asalnya darimana sih?

Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya berkeliling dengan sepeda dan pembelinya sering mengejarnya dengan terburu-buru, maka dengan spontan para pelangganya sering memanggilnya dengan sebutan “pek” “sipek” “apek” (apek dalam bahasa tionghua berarti paman) , dan sering kali diucapkan berulang menjadi “pek pek” maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai pempek palembang atau empek-empek palembang."

sumber: http://rajapempek.com/asal-mula-pempek-palembang/


Sebelum menginjakkan kaki di Palembang, eneng emang udah jatuh cinta sama dia jatuh cinta sama pempek. Sejauh ini baru beberapa brand yang dicoba, nanti kalo bisa mampir di kedai lain, postingannya bakal diupdate. Ehh btw, ini pendapat pribadi ya, opini berbeda mungkin aja nggak sejalan seirama sama sayaa :))


1. Pempek Pak Raden

Saya nyoba di cabangnya yang dekat jalan akses menuju Bandara. Motivasi ikut Asal mampir ke sini adalah untuk ngangetin perut setelah 7 jam di perjalanan Tanjung Enim - Palembang. Mungkin saya aja yang lagi kurang hoki, karena tekwannya lembek banget dan kuahnya terlalu asin. Plus pempek nya terasa kurang seger. Padahal pempek ini terkenal banget kan enaknya. Sepertinya saya datang di kesempatan yang tak tepat. Tsahh. Kapan-kapan harus mampir lagi ke restonya yang di jalan Radial nih berartiii..


 Alamat Pempek Pak Raden
Jl. Brigjen Dani Effendy (Radial) No. 80-82
Palembang, Sumatera Selatan
Telp : 0711 375 490 / 0711 358 181

Jl. Letkol Iskandar No. 439-440 (Depan PIM)
Palembang, Sumatera Selatan
Telp : 0711 376 888



   2. Pempek Candy
    Sama seperti Pempek pak Raden, saya juga mampir ke pempek Candy yang deket Bandara. Eduuun, di sini tuh rame banget ya. Saking rame nya, backsound yang terdengar kalo lagi ke sini adalah suara lakban yang ditarik untuk membungkus kotak pempek. Srooot! Srooot! Tekwannya enaak, cuka pempek nya juga enaaak. Cuma ukuran pempeknya terlalu kecil dan teksturnya nggak garing. Kalo ke Candy, saya malah lebih suka makan otak-otaknya :))

     Alamat Pempek Candy Jl Jend Sudirman 21 – Telepon : 0711-373765
     Jl Kapt A Rivai 260 – Telepon : 0711-318246
     Jl R Sukamto 53 – Telepon : 0711-375903

    


3. Pempek Beringin
Naaah, ini paporit sayah! Pempeknya enak, cuka nya apalagi! Best cuko pempek in town *hazeg* Cuka nya lebih kental, berasa banget dan rasa pedasnya ngalahin omongan pedesnya Leily Sagita deh! Es kacang nya sih so-so ya. Saya pernah mampir di restorannya di Jalan Radial, Palembang. Tapi juga beberapa kali makan di cabangnya di ruang tunggu keberangkatan di Bandara Palembang. Rasanya sama-sama enak! Pempek kapal selam nya lemak niaaan!

Alamat Pempek Beringin
Jl. dempo Luar No. 20, Telp: +62711315691
Jl. Radial
Jl. Kapten Anwar Sastro Lrg Kulit

4. Pempek Vico
Kalau saya pribadi suka Pempek Beringin, tapi kalau lagi makan rame-rame, saya dan teman-teman lebih memilih Vico. Rasa pedas cuka nya tergolong pedas sedang, dan pempeknya juga enak bingits (terutama pempek yang direbus/nggak digoreng). Apalagi kalo kita minta ebi tambahan buat makan pempek, Hmm, mantaps! Yang juga juara dan ga boleh ketinggalan adalah es kacang nya *lalu saya laper*

 Alamat Pempek Vico
 Jl. Letkol Iskandar, Palembang (depan PIM) 
 +62 21 29278888





11 komentar

Wah mantabb nih jalan2 sis di Palembang.. kapan jalan2 lagi, cobain pempek Lince. Bisa delivery, bisa juga jemput antar. Kita mmg merek baru di Palembang. Lam kenal ya sis. Artikelnya penuh informasi.

REPLY

Siaaap... kalo mampir Palembang lagi, pasti aku niatkan untuk nyoba pempek-pempek lain... Terima kasih :)

REPLY

Thankyou info nya utk sy penggemar mpekmpek, sy tadinya menebak history mpek2 demikian, ternyata bener ya history nya bgtu dr kata mpe/ ape/ mpe mpe ( pria tua ) good history salut !

REPLY

Mbak mau nanya harga pempek beringin yang di bandara lebih mahal atw sma dengan yang di radial?

REPLY

Mbak mau nanya harga pempek beringin yang di bandara lebih mahal atw sma dengan yang di radial?

REPLY

@Chyntia Gouw: Haloo mbak... Memang lucu dan seru ya menelusuri asal nama suatu makanan, kadang-kadang alasan penamaannya sederhana sekali tapi bisa jadi ciri khas...

@Lia Lia: Hai mbak Lia, terakhir aku makan pempek kapal selam di Beringin Bandara Rp 30.000, sepertinya sama dgn yang di restoran di luar, tapi kalaupun beda sepertinya nggak terlalu tinggi (sepertinya harga standar kapal selam di luar bandara sekitar Rp 25.000) *lalu laper pengen pempek hehehehe

REPLY

enak banget deh ngeliat makan pempek palembang kaya dirumah kampung halaman ... he... rindu makan dirumah

REPLY

Waw langsung laper deh ngeliat foto Makanan Enak pengen langsung berburu makanan itu deh..

dari
Pengobatan Tradisional

REPLY

wow enak nih kayaknya, coba juga kuliner lain sambal roa

REPLY

wah emang enak nih pempek palembang. tapi alangkah baiknya pempek tsb non msg karena menurut saya. pempek palembang paling enak harus jg sehat. tidak hanya enak sj

REPLY

Sepertinya Beringin dan Vico boleh dicoba.

Kalau pempek sudah pakai vetsin atau bumbu racik mengandung MSG ya pasti tidak enaklah.

REPLY

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates