08 Januari, 2016

 Foto: O Tiket

Banyak destinasi seru di sekitar Jakarta yang cocok untuk liburan satu hari. Iyadongs, libur satu hari tetap harus disyukuri. Bisa piknik, trekking di kaki gunung, kulineran, lihat air terjun, lihat-lihat pusat kabupaten, dan lainnya! Irit di kantong, cukup satu hari dan tetap senang pastinyaaa!

Teruuus, kemana aja nih nyai tujuannya? Ini diaa.

1. Kebun Raya Bogor
Jangan pernah sekali-kali menyepelekan Kebun Raya Bogor sebagai sekedar tujuan darmawisata anak SD. Kebun Raya Bogor asik banget untuk cari udara segar, pemandangan hijau, piknik sama teman dan keluarga, jogging atau lari serius, semuanya deh! Lokasinya nggak begitu jauh dari pintu tol Bogor, terminal Baranangsiang, ataupun Stasiun Bogor. Kalau kita terkena penyakit masa kini yang disebut 'Kurang Piknik', nah di sini obatnya!  Kalau takut capek atau pegel, bisa muter-muter bawa mobil atau sewa sepeda yang harganya Rp 20.000/jam.




2.  Trip ke Cirebon
Manfaatkan kereta Cirebon Ekspres untuk wisata kuliner di sini. Empal gentong, empal asem, tahu gejrot, nasi jamblang, dan lainnya. Bisa juga wisata sejarah dengan mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon, dan foto-foto di Gua Sunyaragi. Pengen belanja kain dan baju batik? Tinggal ke Trusmi. Kalau nggak mau repot, bisa pakai jasa travel agent untuk muter-muter seharian, atau sewa mobil.

Selengkapnya tentang pengalaman jalan-jalan ke Cirebon, klik di sini 

.  
3. Taman Wisata Alam Gunung Pancar
Kalau mau piknik sambil foto ala-ala, di sini tempatnya. Banyak area kosong yang bisa dipakai untuk gelar tikar, taruh makanan dan duduk selonjoran. Jaraknya hanya sekitar 1 jam perjalanan dari Jakarta, masuk Jagorawi, keluar tol Sentul Selatan dan mengikuti arah menuju Jungle Land Sentul Selatan. Nanti akan melewati area perkampungan, dan setelah berkendara sekitar 10 menit, sampe deeeh di pintu masuk TWA Gunung Pancar! Kalau diikuti terus, jalanan akan mengarah ke tempat pemandian air panas. Hawa nya cukup sejuk dan pemandangannya tentu saja asik. Pasti nggak akan lupa foto-foto narsis deh! Jangan lupa bawa tongsis, pakai baju yang cerah dan bawa bekal yang banyak ya! 

Cerita dan petunjuk jalan menuju TWA Gunung Pancar bisa dibaca di sini.

 4. (Lagi-lagi) Bandung!
Bandung emang nggak ada matinya! Selalu ada destinasi menarik dan tempat makan seru yang selalu adaaaaa aja yang baru. Belanja di Factory Outlet, main di berbagai taman tematik, ataupun cari tempat makan enak. Di Lembang misalnya, ada Tahu Lembang (klik di sini), Observatorium Bosscha (klik di sini), Rumah Sosis, Sapu Lidi, Kebun Bunga Begonia, atau cuma sekedar mau makan ketan bakar yang murah meriah (klik di sini). Kalau mau makan lesehan di kawasan atas Bandung bisa ke Punclut (klik di sini), foto-foto di Tebing Keraton (klik di sini), dan juga makan siang cantik di Cafe D' Pakar (klik di sini)



5. Curug Cigamea (Gunung Salak)
Dompet cekak, cuma punya libur sehari, tapi kekeuh mau jalan-jalan lihat air terjun? Shantay kawan, Curug Cigamea di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah bisa jadi jawaban. Tempat ini juga masih bisa dijangkau dengan KRL jurusan Bogor, kemudian tukar angkot beberapa kali. Untuk panduan perjalanan dan juga rincian biaya ke sini, bisa disimak di postingan blog saya yang ini.

 

 6. Sukabumi, Dari Salabintana ke Mochi Kaswari
Sejak diaktifkannya KA Pangrango dari Bogor menuju Sukabumi, destinasi ini jadi makin asik dikunjungi. Menggunakan kereta api ekonomi dengan harga Rp 80.000 untuk pulang pergi berdua, sudah bisa jalan-jalan singkat ke Salabintana yang dingin dan sejuk, serta belanja Mochi Kaswari yang terkenal itu! Silahkeun dibuka link nya untuk cerita selengkapnya *ihiy*

 foto: Siliwangi Trans

Tentunya masih banyakkk sekali tempat lain yang bisa jadi referensi. Tapi sekian dulu, tangan saya agak keriting, hehehe. Jadi, mau kemana weekend ini? Di manapun destinasinya, pastikan pergi dengan teman jalan yang asik, logistik aman dan juga suasana hati yang baik. Hihihi. 

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates