05 Februari, 2016



Kedai ‘Mie Kangkung Pertama’ di jalan Ahmad Yani Cilegon ini bikin penasaran. Sebagai penyuka mie garis keras, saya memasukkan mie kangkung ini dalam ‘To-Do-List’ perjalanan kali ini ke Banten *halah gaya*. Iyadongs, kan penasaran sama mie (yang katanya) enak dan gurih. Slurrrp!


Konon, ini adalah pelopor mi ayam kangkung di Cilegon, dan sudah puluhan tahun berdiri. Mie kangkung ini serupa mie ayam pada umumnya, namun tidak pakai rebusan sawi, melainkan kangkung. Disajikan dengan topping cacahan ayam yang dimasak tanpa kecap, rebusan tauge ukuran besar, serta pelengkapnya kuah dan dua buah bakso. Mirip mie ayam Bangka, ya?

Mie nya enak! Rasanya gurih nikmat dengan tekstur pipih tapi agak kriwil *deskripsi yang tidak membantu haha*. Mie, kangkung dan tauge nya direbus dengan kematangan yang pas. Diberi topping potongan besar daging ayam di campur dengan irisan jamur. Daging ayam beneran lho, tanpa kulit/jeroan/lainnya, diberikan cukup banyak. Cuma memang rasanya kurang tasty. Rasa gurih pada kuahnya juga tipiis. Coba kalau lebih banyak bumbu, dijamin makin joss!


Selain sambal, rasa nya yang kurang medok ini membuat saya gatal menambahkan saos dan kecap. Saos yang disediakan persis seperti di warung mie ayam bakso pada umumnya. Untung NengFlora selalu sedia sambal belibis sachet ya kaaannn… Jadi meskipun sambal botolan yang disediakan itu TENTU SAJA lebih enak, hahaha, tapi seenggaknya ada subtitusi saos belibis yang (semoga) lebih aman. Hihi.

Seporsi mie kangkung komplit ini harganya Rp 22.000. Harga yang relatif tinggi untuk kelas ‘warung mie’, karena tempatnya persis warung bakso. Tapi cukup sepadan juga mengingat topping daging ayam yang tebal, banyak, dan ditambah bakso.

Oh ya, kemarin saya ke sini dengan patokan arah Ramayana, setelah rumah makan Sate Bebek Asmawi, berseberangan dengan café/bilyard. Kalau jalan dari arah tol Cilegon Timur/Giant, lokasinya sebelah kanan. Di depannya ada tulisan yang cukup jelas terlihat, ‘Mie Kangkung Pertama’. Buka mulai pukul 09.00 hingga 18.00. Selamat nyicip!


Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates