28 Juli, 2016




Di Cilegon, ada cukup banyak restoran Korea yang bisa dipilih. Biasanya disinggahi oleh warga Korea yang banyak bekerja dan tinggal di Cilegon, maupun pribumi yang juga suka makanan khas Negeri Gingseng ini. Saya mampir ke salah satunya, yaitu A Mi Rang resto. Kenapa di sini? Karena ada label halal nya, jadi tenang deh. Sudah lama sekali nggak makan dol sot bibimbap, jadi sore itu saya pesan menu paduan nasi dan sayuran yang terkenal lezat!


Setiap kali beraktivitas di Cilegon, saya pasti melewati restoran Amirang di sebelah Polres Cilegon. Tapi tidak pernah mampir karena kesan kaku yang saya tangkap di restoran-restoran Korea di Cilegon. Mungkin karena letaknya bukan di mall-mall seperti di Jakarta, ya. Jadi rasanya sungkan mau minggir ke sini. Saat iseng Googling kuliner Cilegon, ehh dapat info kalau restoran ini pemiliknya Muslim dan tidak menyediakan menu babi. Yeayyy, marpir, mari kita melipirrr!

Dari luar, pintunya rapat, seperti restoran yang tutup. Tapi ternyata buka dari jam 11.00 sampai jam 21.00. Saya menjadi customer ‘pertama’ di sore itu karena customer lain yang rata-rata orang Korea baru berdatangan sekitar 20 menit kemudian. Suasana yang sepi membuat saya yang newbie dan awam soal makanan Korea jadi lebih leluasa tanya-tanya ke waitress. Saya duduk di sofa ruangan tengah. Ada juga tempat makan yang lebih private di ruangan dan juga ruangan untuk lesehan.


Pertama-tama saya disuguhi handuk dingin dan juga ocha khas Korea yang enak dan wangi. Selanjutnya saya diberikan buku menu. Pilihan makanannya cukup banyak, dengan kisaran harga makanan sekitar Rp 80.000 – Rp 200.000-an. Karena sendirian, saya memesan menu dengan porsi personal, yaitu dol sot bibimbap. Yaa kalo sendirian pilih menu nya terbatas, gak bisa mesen yang aneh-aneh karena nggak ada temen ngabisin. Hehe. Untuk minuman tambahan, saya memesan jus kiwi. Hihi kok saya lupa yah, seperti halnya di restoran Jepang, ocha nya free refill, jadi sebetulnya nggak usah pesan minuman lagi juga cukup.


Dol sot bibimbap berarti nasi campur yang diletakkan di mangkuk batu yang dipanaskan. Di bagian dasar diletakkan nasi, kemudian di atasnya diberikan aneka topping: daging cincang, jamur, mentimun, lobak, selada, rumput laut dan taburan wijen, tanpa telur mentah. Kemudian diberi saus merah gochujang, dan diaduk rata. Wussss, langsung berasap! Rasanya enak dan tentunyaaa mengenyangkan. Menu dolsot bibimbap juga datang bersama miso soup yang hangat gurih.

Banchan atau side dish yang dibawakan ke meja saya ada 4 jenis (yang tentunyaaaaa tidak habis karena saya kenyang sekali). Terdiri dari kongnamul (tauge yang dimasak dengan minyak wijen), salad yang terdiri dari selada, irisan apel, wortel dan roti panggang dengan thousand island, potongan mentimun dan bengkoang dengan saus cocolan, kimchi, serta potongan kentang dan ikan teri dengan kuah cabai (lupaa namanya).


Jus kiwi nya juga segar sekali, kental dan tidak terlalu manis. Selain itu, ada compliment potongan buah semangka dingin setelah kita memberi kode ke waitress jika kita sudah selesai makan. Wuih, betul-betul kenyang, gak lagi-lagi deh makan di resto Korea sendirian. Nggak ada temen ngabisin makanan, hehehe.

Oh iya, saya nggak sempat nanya apakah label halal ini betul-betul dikeluarkan oleh MUI atau baru label sendiri karena mereka tidak menyediakan dan memasak komposisi daging babi. Semogaa saya segera bisa meng-update informasi ini.


Total saya makan di sini adalah Rp 141.200, dengan rincian: Dolsot Bibimbab Rp 80.000, jus kiwi Rp 40.000, plus service charge 7% yang kemudian diambil lagi 10% nya untuk pajak. Well, untuk saya sih ini pengalaman ‘coba aja’. Sejauh ini menu Korea favorit saya masih sama: Korean fried chicken yang manis gurih pedas. Tapiii, Amirang Resto ini beneran worth to visit, kok :)


A Mi Rang Restaurant
Jl. Jendral Sudirman No. 3
Cilegon – Banten

Telp: 0254-381300
Jam buka: 11.00 - 21.00

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates