12 Agustus, 2016


 Kalau bayangin menu sop ikan, yang langsung muncul di kepala adalah kuah beningnya yang gurih dengan aroma daun kemangi yang wangi khas. Tambah mantap saat cabe rawit dibelah kasar dengan sendok, lalu dimakan hangat-hangat. Ikannya lembut dan dagingnya tebal. Asli bikin ketagihan!

Menu berkuah bening memang selalu punya daya tarik. Gurih namun ringan, cocok sekali dengan nasi putih, sedap menghangatkan perut. Di rumah, sop ikan jadi salah satu menu kesukaan keluarga. Biasanya yang ibu saya pilih adalah ikan gurame. Request saya selalu satu: kuahnya banyakin! Hehe. Iyalahh, buat saya, daging ikannya nomor 2, favorit pertama saya adalah nasi, kuah sop, kemangi dan potongan rawit. Seger banget!



Saat ke Cilegon (untuk yang ke-ribuan kalinya, hehe), akhirnya saya bisa mampir ke salah satu rumah makan yang terkenal banget, yaitu RM Taman Taktakan. Andalannya sop ikan, namun ada juga aneka menu olahan ikan lainnya. Untuk sop ikan, yang digunakan adalah ikan kuwe. Tersedia pilihan 1 porsi sop ikan atau setengah saja. Kami memesan setengah porsi sop ikan (request bagian badan/dagingnya saja), gurame asam pedas, juga tumis kangkung.

Sekitar 15 menit, menu pesanan tiba. Aduh nyai…. Tampilannya menggoda banget, kayak tiket pesawat promo *halaah perumpamaan ga nyambung. Kuahnya bening, berisi 4 potong daging ikan yang putih dan mulus, kayak kaki nya model Victoria’s Secret *duh apalagi inii. Permukaannya dipenuhi potongan tomat hijau, irisan besar daun bawang, kemangi, bawang Bombay dan rawit hijau. Semuanya masih segar, krenyes dan kenceng, kayak…. Ah udahlah kebanyakan perumpamaan. Tebakan saya sih sayuran-sayuran ini ditumis sebentar, lalu baru dicampurkan ke dalam mangkok sop ikan.


Rasanya…. Enak sekali. Kuahnya bening dengan jejak rasa lada yang kuat, bikin perut hangat. Dagingnya empuk bersih tanpa lemak. Kalau mau makin joss, belah saja gelasnya rawitnya. Mumpung masih mengepul dan nasinya hangat, segera disuap. Setengah porsi sop ikan ini bisa dimakan 2 orang, atau sampai 3 orang jika memesan menu lain.

Pesona si dia sop ikan tiba-tiba tertutup ketika gurame asam pedas datang. Gurame nya digoreng garing, lalu disiram saus oranye segar dipadu potongan bawang Bombay dan gerusan kasar cabe rawit. Sausnya segar dan pedas! Ikannya juga renyah namun dagingnya lembut. Duuuh kenikmatan apalagi iniii....










Bahkan cah kangkung polos (Rp 25.000) nya aja enak! Masih segar krenyes dan bumbu tumisannya berasa banget. Plus citarasa daun bawang dan bawang bombay segar yang manis khas. 


Gak kaget dong ya kenapa rumah makan ini katanya rame banget dan jadi salah satu rekomendasi kuliner di daerah Serang dan Cilegon. Untungnya saat kami datang di jam makan malam, cenderung sepi dan cepat dilayani. Kebayang deeeh ke sini di jam makan siang, pasti nikmat sekaligus antri! 

Oh iya, harganya juga cukup bersahabat. Setengah porsi sop ikan harganya Rp 55.000, ikan gurame asam pedas (ukuran porsi 2 orang lah) harganya Rp 60.000. Harga minuman Rp 5.000 – Rp 15.000 dan cah kangkung harganya Rp 25.000 - Rp 35.000. Cocok juga untuk oleh-oleh dari tanah Banten, nih!



Alamat dan telepon RM Taman Taktakan / Sop Ikan Taktakan
Kantor Pusat: Taman Baru RT 18/06 Serang (0254-230776) 
Jl. Raya Cilegon KM 4,5 Serang (0254-218961)
Jl. Raya Anyer KM 20 Cikoneng Anyer (0254-600199)
Jl. Yusuf Martadilaga No. 2 Serang (0254-215953)
Jl. Raya Anyer-Bandulu depan hotel Marbella (0254-600547)
Jl. Yusuf Martadilaga Kebonjahe Serang (0254-210745)
Jl. Syeh Nawawi Al-Bantany Depan KP3B Provinsi Banten Serang

Sedikit info tidak penting: saya bahkan gak tau yang saya datengin ini cabang yang mana... hahaha. 

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates