13 Maret, 2017



Pengalaman Pesan Souvenir dan Undangan Secara Online Via Instagram

Belanja online memang hemat segalanya. Dari waktu, tenaga, dan juga biasanya harga lebih murah, pilihan juga banyak. Untuk urusan undangan dan souvenir pernikahan, berani nggak pesan online? Saya berani, atau lebih tepatnya diberani-beraniin, hehehe. Berbekal cari-cari di Instagram, jadilah semuanya saya pesan dari vendor online asal Jogja. Untuk undangan, saya pesan di Omah Pernik Jogja, dan untuk souvenir pesan di Lellalells Pouch. Ini dia reviewnya!


Mewujudkan pernikahan yang 'pantes', tapi dengan mengetatkan budget memang susah-susah gampang. Maunya bagus, tapi hemat. Pertama-tama yang saya lakukan adalah dengan mengencangkan niat. Tau dong yaaa beragam review dan akun Instagram vendor pernikahan yang ciamik dan cantik banget, siapa yang nggak pengen? Tapi bagaimanaaa aku ingin tetap punya uang tabungan, gamau nambah minta sama ortu (karena sudah kebanyakan minta, hehe) dan punya uang untuk liburaaaan… Rasanya beli undangan dan souvenir super kece berpotensi menggoyang tabungan jalan-jalan. Hahaha. Gak boleh itu!

Saya menetapkan prinsip: undangan gak boleh lebih mahal dibanding souvenir! Undangan berpotensi dibuang, sementara souvenir dipakai. Sebagai wanita yang begitu concern dengan printilan pernikahan, saya beranggapan kalau poin penting yang dilihat dari undangan adalah informasi waktu dan tempat nya, urusan estetika adalah nomor dua. Lagipula mau sebagus apapun undangan tapi nggak ada manfaat sampingan (misal: jadi frame, mouse pad, kalender dan lainnya), kemungkinan besar akan dibuang.

Setelah dihitung-hitung, budget untuk undangan adalah Rp 3.000/pcs. Harga satuan souvenir maksimal Rp 5.000/pcs. Sengaja budgetnya saya pepet-pepetin, biar saya tau diri dengan budget yang dipunya. Hihihi. Meskipun uangnya terbatas, tapi tetep harus sesuai dengan konsep saya, bunga-bunga.

Belanja online dengan jumlah transaksi lumayan besar, apalagi untuk acara pernikahan juga perlu insting. Ini amanah nggak yaa? Ngibul gaak? Bisa dipercaya nggak? Tepat waktu nggak? Saya juga pernah menulis tentang tips memesan kebutuhan pernikahan secara online, yuk dicek!


SOUVENIR: LELLALELLS POUCH 

Kontak Lellalells Pouch:
Mbak Laila
IG: Lellalells
Whatsapp: 085601115387

Dari sekian banyak penjual pouch untuk souvenir di Instagram, akhirnya saya ketemu sama Lellalells. Lucunya, saat sedang ubek-ubek fotonya, saya melihat ada satu pouch bunga-bunga yang mirip dengan yang saya dapatkan saat pernikahan teman saya, Cindy dan Bima. Waktu buka kolom komentar, betul aja, ternyata mereka pesan di sini. Akhirnya saya japri Cindy untuk tanya-tanya. Menurut Cindy, waktu pengerjaan nya memang mundur dari yang dijanjikan, tapi nggak masalah karena Cindy pesannya jauh-jauh hari. Untuk pelunasan pun vendor ini nggak ribet, bisa dibayar setelah barang diterima. Pouchnya juga bagus dan berkualitas.

Saya pun kontakan dengan mba Laila, owner dari Lellalells. Rupanya, souvenir punya Cindy harganya lumayan mahal, Rp 11.000 karena pakai katun jepang, ada furing dan lapisan spons. Ukurannya juga besar. Jauh bangeet yah sama budget akuh :’) Tapi kemudian saya langsung tanya, “Mba Laila, budgetku Rp 4.000, bisa dapet pouch yang kayak gimana, ya?”.


Dengan harga segitu, mba Laila memberikan 2 opsi. Yang pertama adalah pouch bahan kanvas ukuran 18 x 10 cm, dan yang kedua pouch bahan katun dengan furing ukuran 15 x 10 cm (*ukurannya dikira-kira, karena saya lupa dan chat nya udah kehapus). Akhirnya saya pilih yang bahan kanvas, karena masih bisa muat kartu, uang, pulpen, juga handphone ukuran 5 inch. Mba Laila memberikan opsi motif kain, kita bisa pilih maksimal 10 gambar. Saya hanya pilih 5 saja, dengan request resleting yang kuat jangan yang ringkih tipis, dan semua diberi resleting warna merah, biar ngejreng. Hehehe. Setelah pilih-pilih, saya langsung transfer DP 50%.

Saya pesan souvenir bulan November dan sepakat jika pouch akan selesai bulan Desember (pengerjaan 3 – 4 minggu). Namun sama dengan pouch Cindy, pengerjaannya mundur sampai awal Januari. Saya nggak masalah karena masih ada waktu sebulan lebih, acara pernikahan masih tengah Februari. Lagipula mba Laila cukup komunikatif, bikin saya tenang dan percaya kalo pesanan saya akan segera selesai.

Pouchnya sudah sepaket dengan tulisan terima kasih. Di sini bisa pilih yang berwarna (berupa kartu), atau tinta hitam di atas kertas coklat dan mengelilingi pouch. Saya pilih yang kedua. Di sini mba Laila juga konfirmasi tulisannya, sudah benar atau belum.

Awal Januari, souvenir tiba di rumah. Packagingnya rapi, dikirim dengan dus tebal. Souvenirnya juga ditata rapih. Kalau nggak salah, waktu itu pengiriman pakai Herona Express, saya lupa berapa harga ongkirnya, tapi yang jelas ongkirnya murah dan juga cepat sampai! Mantap deh. Setelah barang sampai, barulah saya bayar pelunasannya ke mbak Laila. Begitu tahu harganya, banyak tamu dan teman yang memuji souvenir saya. Katanya bagus dan bermanfaat. Seneng deeh :)


UNDANGAN: OMAH PERNIK JOGJA 

Kontak Omah Pernik Jogja:
Whatsapp: 082225507884
Alamat: Jl. IKIP PGRI 2, Yogyakarta
IG: omah_pernik_jogja

Thanks to Instagram, ini juga ketemu lewat IG. Undangan saya harga satuannya Rp 2.800 dengan spesifikasi: bahan ivory 260 gram, laminasi doff, sudah termasuk desain, kemasan plastik dan stiker label. Saya juga memesan undangan tanpa gelar akademik dengan harga satuan Rp 3.500. Harga dan jenis kertasnya berbeda karena saya hanya pesan < 100 yang tanpa gelar. Instead of denah lokasi, bagian belakang saya bikin kalender ajah biar masih ada manfaatnya misalkan ada yang mau simpen undangan kami. Hehe.

FYI, mencetak dua versi undangan (dengan dan tanpa gelar) adalah solusi terbaik, karena orang tua kepingin pakai gelar, sementara saya enggak. Hehehe. Jadi nggak pake drama!

Untuk undangan, saya dan Afid sudah tanya ke beberapa toko di Bekasi (soalnya males ke Tebet, hehehe) dan harganya menyebalkan sekali. Masaaaa undangan Rp 3.000 baru dapat undangan karton biasa! Undangan soft cover yang saya mau diberi harga Rp 5.500. Aduuuh kalo harga segitu kan harusnya sudah dapet hard cover ya *menitikkan air mata.


 Setelah ngobrol sama pemiliknya via Whatsapp, saya dan Afid juga minta tolong seorang teman, mba Ditsy yang sedang di Jogja untuk datang ke toko nya. Pertanyaan saya ke teman yang kami mintai tolong: tampak professional nggak? Undangannya pantes nggak? Ditsy mengiyakan semua dan kita langsung bayar DP. Terima kasih yaa Ditsy sudah membantu kami :)

Agaknya karena load pesanan yang tinggi, desain awal undangan baru dibuat dan dikirim ke saya dalam waktu sekitar 3 mingguan. Setelah beberapa kali ada revisi desain maupun penulisan, akhirnya undangan naik cetak. Dalam proses revisi awal, ada sedikit miskomunikasi, karena menurut saya undangannya kurang ngejreng, kaku, beda banget dengan brief awal saya kalau saya mau undangan yang bunga nya mencolok. Sementara menurut masnya, dia bingung karena saya terlalu banyak memberi contoh undangan. Hahahaha. Maaf ya maaas, mohon dimaklumi saya yang terlalu banyak mau ini :) Setelah revisi, undangannya sudah cukup sesuai permintaan.


Setelah mundur hampir 1 bulan, akhirnya undangan saya datang.  Sedihnya karena undangan saya tidak dikemas dengan aman dan rapi. Hanya dilapisi kertas tebal dan dilakban, bukan pakai dus. 90% undangan diterima dalam kondisi baik, sementara yang 10% ada yang bergelombang, baret, kotor, tertekuk… *hiks. Ongkirnya juga mahal karena menggunakan JNE yang dihitung per kilo, tapi saya lupa berapa ongkirnya, yang jelas jauh di atas Herona.

Saya menyampaikan komplen panjang ke mas Dhamier (owner OPJ), satu persatu saya rinci berikut dengan bukti foto nya. Alhamdulillah kritik dan saran diterima dengan baik, santun dan saya juga (akhirnya) santai, tidak terlalu mempermasalahkan lagi. Saya percaya sih, masukan dari saya pasti ditampung dan dijadikan perbaikan. Dan kalau lihat halaman IG nya, OPJ sekarang sudah lebih professional dan desainnya makin bagus-bagus. Undangan pernikahan saya juga banyak yang bilang simpel, manis, daaaan dipuji karena undangan cantik ini harganya murah. Alhamdulillah :)

2 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Buat kamu yang sibuk kerja gak punya waktu luang buat hunting gedung/vendor? gak sah kuatir HIS K Link Tower kini hadir dengan akses yang sangat mudah dan strategis di jl.gatot subroto, fasilitas ballroom bintang lima : single ballroom, interior mewah dengan lampu Kristal yang menawan, sudah bekerja sama dengan vendor-vendor hits Jakarta. Paket pernikahan sudah all in Package include:
- Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
- Dekorasi,
- Catering,
- Rias & Busana,
- Entertainment,
- Photography,
- Tim WO 8 orang + MC
- Mobil Pengantin Alphard
Temukan wedding consultan pribadimu yang professional dan berkomitmen tinggi dapatkan juga FREE HONEYMOON JAPAN 5D4N + 5GR LOGAM MULIA tanpa diundi. Segera hubungi marketing HIS K link tower_OZI : 0895 4103 28343.

REPLY

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates