09 Oktober, 2017

Foto-foto dan Jalan Pagi di Hutan Pinus Gunung Pancar, Sentul


Yang dadakan emang selalu jadi. Yang saya maksud adalah liburan ya, bukan tahu bulat. Sabtu pagi kami ke hutan pinus di kawasan Gunung Pancar, Sentul. Nggak sampai 45 menit dari Bekasi via Jorr, kami sudah sampai! Pemandangannya bagus, udaranya seger dan pagi-pagi masih sepi. Seruuu!


Selama kenal Afid, ini ketiga kalinya kami ke hutan pinus di Sentul ini. Berangkat dari rumah jam 6 pagi, sampai di sana jam 7. Cukup lama berhenti di Indomaret terakhir sebelum lokasi, yhaa melaksanakan PR paling menyenangkan selama menjadi buibu: belanja camilan, compare harga ciki-cikian, beli air, dan ngobrol sama teteh-teteh kasir soal lagi ada promo apa. Wkwkwk. Yang bikin lama karena sekalian numpang ke kamar mandi dulu. Hahaha, ane kan rungsing sis kalo kebelet pas jalan-jalan dan toiletnya ga bersih. Jadi manfaatkanlah kamar mandi yang baru selesai dibersihin di minimarket!


Untuk menuju ke sini, kami keluar tol Sentul Selatan dan mengarahkan Google Maps ke arah Jungle Land Sentul. Pokoknya kalau dari keluar tol dan sudah di depan Mall Bellanova, langsung belok kiri dan terus ikuti jalan besar. Semakin lama makin ke atas, sebelah kiri adalah masjid besar warna putih, lalu belok kiri. Ada bundaran, belok kiri lagi dan melewati ruko serta perumahan. Di ujung jalan, akan ada perempatan lalu kita belok kanan. Sepanjang jalan akan menemukan 2 kali jalanan cukup besar yang bercabang, ambil yang kanan. Nanti jalanan akan semakin menanjak, dan tak lama akan sampai di hutan pinus.



Seingat saya, sepanjang jalan menuju hutan pinus ada banyak retribusi tak resmi. Tapi saya tak menemukannya kemarin, entah apakah saya yang datang terlalu pagi atau memang sudah tak ada lagi mamang-mamang megang ember sambil ngarahin jalan. Semakin ke atas, pemandangannya makin baguus! Melihat perkotaan dari atas, wah kalo malem pasti seru banget inih.

Gak lama, kami sudah sampai di pintu masuk hutan pinus. Biaya masuk per orang Rp 7.500 dan untuk mobil Rp 15.000. Mumpung masih sepi, kami luruuuus terus menyusuri jalan sampai ke pos masuk pemandian air panas Gunung Pancar lalu putar balik. Kemudian parkir di area yang cukup luas dan komersil. Banyak warung, tempat pepotoan kekinian dan ada café kecilnya juga.



Saat kami tiba, rata-rata belum pada buka dan belum ramai orang. Syukurlah, jadi bisa parkir seenak jidat, foto dimana aja dan gak banyak tawaran “boleh aa teteh poto di hammock nya”. Ehem saya sih pengen, tapi suwami gak senekat saya. Kami foto-foto aja mengandalkan tripod, kamera wide angle dan juga Bluetooth timer. Saking hebohnya foto, sepatu saya dan suami penuhhhhh tanah! Sepatu kami juga tipe yang banyak rongga di alas nya, jadi kebayang kan ceu, penuh tanah banget.

Gak lama kemudian, mulailah berdatangan pengunjung lain. Yang motoran, konvoi, bawa mobil, sampai bus. Mamang-mamang parkir, pemilik warung, dan pengelola spot-spot foto juga sudah mulai sibuk. At the same time, kami udah mulai bosen, hehehe. Mungkin karena sepatu kami juga udah kotor, tanahnya lembek dan becek, jadi 1 jam sudah cukup.



Aktivitas yang seru dilakukan berdua di hutan pinus gunung pancar:

     1. Makan indomie! Warung-warung punya beberapa area duduk yang pemandangannya bagus dan instagramable, bahkan cukup romantis karena menghadap pemandangan hijau. Biasanya saat memesan, saya tanyakan dulu berapa harganya, biar ga kecele kaan.


2. Foto-foto dong pastinyaa! Kalau mau hemat, bisa bawa tools photography sederhana seperti tongsis ataupun tripod handphone (saya beli 35ribu di Tokped). Kalau mau lebih seru, bisa di spot berbayar seperti foto di hammock, dibawah payung-payung ataupun di atas pohon.


3. Piknik berdua. Bawa tikar/alas duduk dan beberapa cemilan. Dulu saya pernah kesini bareng teman-teman, kami beli nasi padang di jalan dan camilan sambil piknik. Seru banget! Sambil bawa balon-balon biar foto makin seru. Buat saya yang tidak suka kondisi tanah yang lembek dan lenyeh-lenyeh gitu, saya prefer untuk piknik hanya jika sehari sebelumnya tidak turun hujan.

Budget kami jalan-jalan di hutan pinus Gunung Pancar:
Masuk hutan pinus: Rp 30.000
Jajan camilan dan air: Rp 20.000
Parkir mobil: Rp 8.000


Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke kawasan Gunung Geulis ke salah satu penginapan di sana, The Pelangi Resort. Jalan-jalan seru berdua nggak harus jauh kaan!

Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates