10 September, 2018



Kuliner Purwakarta: Nikmatnya Sate Maranggi H. Agan Putra di Plered


CUKUP DUA ISTRI. Kalimat ini tertulis di dinding warung Sate Maranggi H. Agan Putra, Sempur, Purwakarta. Buat saya dan suami, kalimat ini agak unik dan jarang banget kami temui di tempat makan lain yang pernah kami datangi. Tapi khusus suami saya sih 1 aja udah lebih dari cukup kok *ngomong sambil melotot galak*.


Siang itu kami mampir di sebuah warung sate maranggi. Pak Insan, teman kerja Af yang akamsi (anak kampung sini) merekomendasikan Sate Maranggi H. Agan Putra buat dicoba. Katanya ini yang paling enak dibanding sate maranggi lain di Purwakarta. Bukan resto atau rumah makan, melainkan warung sederhana. Lokasinya di kawasan pemukiman, bukan di pinggir jalan raya. Tepatnya di Sempur, Plered, Purwakarta. Kira-kira sekitar 2km dari Stasiun Plered. Wah, Purwakarta’s hidden culinary gem nih!




“Yang paling enak di sini sate kambingnya,” kata Pak Insan. Af yang (katanya) nggak suka kambing prefer memilih sate sapi. Kami juga memesan sop yang pastinya cocok banget dimakan bareng sate. Ternyata sate kambing nya juara banget! Setiap sate terdiri dari daging dan lemak dengan aftertaste manis setelah di marinasi dengan madu. Lalu dibakar dan rasanya jadi juicy banget!

Sate sapi juga enaaak, meskipun favorit saya tetap sate kambing. Sop bening nya nikmat banget, dengan rasa hangat lada dan gurih bawang goreng yang banyak. Isiannya campuran bagian daging dan jeroan. Kuahnya sih enak banget dan seger! Saya sampai minta tambah kuah ke teteh penjualnya. Nasi pera anget dengan kuah gurih dan banyak lada, what a perfect match! Kayaknya kalo dikasih nasi plus kuah doang juga saya mah doyan hahaha.




Salah satu yang bikin sate nya makin enak adalah bumbu kecapnya yang menggunakan kecap produksi sendiri. Sambal kecapnya kental, gurih dan agak pedas, dan sepertinya ada smoky flavor yang bikin tambah mantap. Asli deh, kalopun cuma disuguhi nasi, sambal kecap dan kuah sop nya aja, dijamin saya bakal nambah nasi! Saya sampai nambah 2 kali nasi, ya gimana enak banget sih :’)) well maybe mr. Husband think that this is the biggest portion of rice that I have ever eat in 2018 hahaha…. I think sate and sop is one of the exception, mengingatkan juga gimana doyannya saya pas makan sate bebek Asmawi khas Cilegon dan selalu berusaha mampir tiap ke kota Baja.



 
Ohyaaa, harganya terjangkau banget. Sate nya per tusuk Rp 1.500 (sapi/kambing) dan sop nya Rp 12.000. Lokasinya di Jalan Raya Sempur, Citeko, Plered Purwakarta. Ancer-ancernya: Dari stasiun Plered teruuuuus aja sampai melewati rel kereta. Lurus terus dan saat ketemu belokan kedua belok kiri. Susuri aja jalannya dan Sate Maranggi H. Agan Putra ada di sebelah kiri jalan. Nomer teleponnya bisa dicatet nih: 08777-9918-454.




Terlepas dari jalanannya yang macet, banyak motor sen kanan tapi belok kiri, dan terik matahari siang itu yang gak santai, tapi kuliner Purwakarta emang juara banget sih. Beberapa jam sebelum makan sate maranggi juga saya mampir makan nasi pepes di Rumah Makan Ibu Ani Jatiluhur. Curiga bakal gembrot nih kalo lama-lama ada di Purwakarta :)))





Cerita Nengflora . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates