Menukar Uang di Money Changer Sekitaran Bekasi: KPM dan Dolarasia

By Flora - Mei 16, 2016

Gak harus ke Jakarta, di Bekasi juga ada beberapa money changer yang bisa diandalkan. Khususnya untuk mata uang yang banyak digunakan, misalnya USD, SAR, RM, SGD, dan mata uang populer lainnya buat orang Indonesia.

Menurut hasil pencarian di Google, ada beberapa money changer yang tergolong ramai dan bisa diandalkan, yaitu KPM di Giant Hypermall, dan BIT di Metropolitan Mall. Sedikit sekali review di internet tentang dua money changer itu. Kemudian saat sedang suntik meningitis/urus buku kuning, saya mendapat brosur Dolarasia cabang Bekasi. Jadi bertambah deh daftar saya mengenai money changer di Bekasi.




Karena belum terlalu sering ke Money Changer (yah secara belum banyak negara yang didatangi, hehehe), saya masih suka kagok dengan istilah 'kurs jual' dan 'kurs beli'. Akhirnya saya paham, saya harus memposisikan si uang asing ini dengan tepat. Ketika saya bawa rupiah dan mau beli USD, berarti 'saya mau beli USD, dan butuh informasi berapa rupiah harga beli/kurs beli USD'. Saat saya mau menukar USD saya ke rupiah, berarti 'saya mau jual USD, dan butuh informasi berapa harga jual USD sekarang?'. Saat menukar USD ke Dirham, USD nya dikonversikan dulu ke Rupiah, baru dihitung lagi ke USD. Entah deh bagaimana kalau di money changer lain.

Pertama kali saya datang ke KPM saat antar mama belanja. Kalau mau ke sini, ingat baik-baik kalau patokan lokasinya adalah di belakang KFC, jadi nggak perlu muterin Giant Hypermall Bekasi yang luas bener itu. Tempatnya sempit. Di sini pelayanannya cepat, dan hanya menerima tunai. Bisa juga sih transfer, setelah menerima penghitungan dan setuju dengan harga tukarnya, lalu akan diberikan nomor transfer dan customer bisa langsung mencari ATM di area lain mall, setelah itu balik lagi dengan memberikan bukti transfer.

Di KPM, saya menukar uang Riyal/SAR, dengan rate Rp 3.700 untuk pecahan 50 Riyal dan Rp 3.800 untuk pecahan 10 dan 5 riyal. Kalau dibandingkan dengan VIP dan Ayu Masagung sih tentu lebih mahal, tp mengingat ini pecahan kecil dan nominal yang saya tukarkan nggak terlalu besar, jadi yasudahlah.

Yang kedua, saya datang ke Dolarasia. Review di internet sih cukup baik ya, dan saya dapat informasi kalau buka 24 jam. Pada brosur, tertera jika Dolarasia menyediakan berbagai pecahan Riyal. Jadilah minggu pagi sebelum Car Free-Day di Bekasi, saya jalan kaki ke sini. Taunyaaaaa, tutup. 24 jam apanyaaa kalo gitu… Ternyata cabang Bekasi ini buka nya dari jam 09.00 – 21.00 untuk weekend dan kalau hari kerja tutup jam 23.00.

Lain waktu karena sedang membutuhkan mata uang Dirham, sayapun telepon ke KPM dan Dolarasia. KPM tidak punya, nah Dolarasia punya tapi terbatas. Sayapun cabcus ke Dolarasia. Saya membeli Dirham dengan rate Rp 3.750. Kebetulan saya ada USD 50, jadi saya bayar pakai uang Dollar, baru sisanya tambah Rupiah. USD saya dikonversikan dulu ke Rupiah, dan hanya dihargai Rp 13.000 (hiks). Baru kemudian total Pelayanannya cukup baik dan ramah, dan ada fasilitas untuk customer seperti tempat charge HP, air minum gratis, dan AC nya dingin! Hahahaha…. Yaah namanya saya jalan kaki kan yaa ke sana, jadi dapet free minuman dingin dan tempatnya adem adalah kesenangan tersendiri. Cukup memuaskan, karena ingat: ini money changer di Bekasi, bukan Jakarta. Hehehe. Oh iya, ternyata mereka juga punya mesin gesek kartu BCA, jadi yang nggak mau bawa cash lebih mudah dan tidak kena charge.

Sementara untuk BIT Money Changer di Metropolitan Mall, saya belum pernah ke sini. Sebelumnya pernah saya hubungi nomor teleponnya, tapi tidak diangkat. Kan sayang kalau sudah effort ke MM tapi ternyata tutup atau mata uangnya tidak tersedia. Bisa-bisa malah kepancing shopping. Hehehe.

UPDATE:

Ternyata BIT Money Changer lokasinya gampang banget ditemui di Metropolitan Mall. Berada di sebelah ATM Bank BCA, seberang Bank Danamon, sederetan dengan Erha Apothecary dan Breadtalk, dekat Superindo. Kalau parkir motor dan masuk area mall, pasti melewati money changer ini. Nomor telepon BIT Money Changer: 021-8866922, 8845703, dan 8848566.

By the way, lokasi kantor saya di Jakarta Pusat sebetulnya dekat sekali dengan 2 money changer ternama di Jakarta, yaitu Ayu Masagung dan favorit banyak orang: VIP. Tinggal jalan kaki sebentar juga udah sampe. Teruuuus kenapa nggak tukar di situ? Kan harga jual/beli nya dirasa lebih baik? Kok malah di Bekasi?

Jadi sebenarnya ada beberapa faktor kenapa saya memilih beli mata uang asing di Bekasi:

   -  Dekat rumah. Yaaahh gak deket-deket amat sih, tapi kalio belinya di Bekasi kan jadi ada yang nemenin. *lah gitu* Yaa maksudnya karena buka hari Sabtu dan Minggu, jadinya bisa lebih leluasa ke sini.

     - Uang yang ditukarkan nggak terlalu banyak. Yaah sebagai orang yang nyicil dalam menukar uang, jadi nukernya juga tunggu gajian/uangnya terkumpul dulu. Nah kalau begini, saya hanya bisa menukar uang pecahan lebih kecil. Sementara di money changer besar, misalnya VIP, umumnya menyediakan pecahan tertinggi. 

      - Berkaitan dengan poin 2, karena uang yang ingin ditukar juga nggak banyak, jadi yaa saya nggak ngoyo untuk tukar di Money Changer besar. Meskipun harganya sedikit lebih murah, namun ada ekstra nya seperti bensin, parkir, waktu untuk menunggu, belum lagi kalau lapar dan haus. Ujung-ujungnya malah jadi nggak sebanding. Hehehe. 

      --------------------------------------------------------

      Informasi tentang KPM Money Changer:
      Alamat: Mega Bekasi Hypermall - Giant, Lantai Upper Ground No. 41 (Dekat KFC)
      Telepon: 021-8852140, 8845245
      Sabtu Minggu buka
      
I     Informasi tentang Dolarasia Bekasi:
      Alamat: Jl. KH Noer Ali No. 289 B Bekasi
      Telepon: 021-88969446/47/48/49
      Hari kerja: jam 09.00 - 23.00, hari libur: 09.00 - 21.00

  • Share:

You Might Also Like

42 comments

Postingan Populer