Sarapan di Bandung: Kupat Tahu Gempol

By Flora - Februari 16, 2018




Salah satu kuliner pagi di Bandung yang banyak direkomendasikan adalah Kupat Tahu Gempol. Katanya sih ini legendaris, udah lama berdiri dan banyakk orang terkenal di Indonesia udah nyicipin. Yuk coba!

Dari namanya, bisa ditebak jika Kupat Tahu Gempol adalah kupat tahu yang berlokasi di jalan Gempol, Bandung. Simpel bener ya, hehe. Kupat tahu, lontong kari, batagor dan bubur ayam kan bisa ditemui di setiap pengkolan di kota Bandung. Trus apa sih yang bikin Kupat Tahu Gempol ini rame dan hits banget? 


Sayapun mengandalkan Google Maps untuk kesini. Begitu kira-kira sampai di lokasinya, kok ane jadi bingung, bang Mandra. Jalanya agak sempit dan belok-belok. Ada beberapa penjual makanan dan rumah makan, tapi nggak ada tulisan besar ataupun tanda yang menerangkan dimana persisnya Kupat Tahu Gempol. Akhirnya kami balik lagi deh ke jalan besar dan parkir di sebelah restoran Midori Citarum, Bandung.


Ternyataaa, benar kupat tahu nya ada! Tulisannya kecil dan tipis, jadi meskipun mata saya jeli banget liat duit, tapi kalo font nya gak jelas gitu ya tetep weh ga keliatan. Tempatnya sederhana banget, cuma meja tempat si ibunyiapin kupat tahu, dan 1 meja persegi lagi buat orang-orang makan. Iya, semeja rame-rame, ciye.

Kupat atau ketupat yang digunakan bukan kayak ketupat lebaran yang kecil-kecil. Inimah ketupat segede gaban! Dibuat besarrr kemudian dipotong-potong kecil. Lalu diberi potongan tahu kuning, tauge rebus dan disiram kuah kacang dan terakhir diberi kecap manis. 



Rasanya gimana sis? Ih enak! Lontong atau ketupatnya padat dan lembut, tahu nya pun begitu. Bumbu kacangnya juga halus dan manis gurih. Mirip-mirip bumbu ketoprak tanpa bawang putih. Tambahan kerupuk merah bikin rasanya tambah enak. Kerupuk merah + bumbu kacang, what a perfect match! Citarasa dan aftertaste nya cenderung manis. Biar tambah makjleb, saya tambahkan sambal. Hmm, menurut saya sih enak, sesuai kaidah kupat tahu seharusnya. 

Setelah makan, lalu apa? Pulang tentunya. Tempat ini cocok untuk pesen - makan - bayar - pulang, karena tempatnya sederhana banget dan kursinya gantian. Katanya sih ini rame bangets kalau weekend dan hari libur. Untungnya saya datang di hari kerja. 

Oh iya! Harga seporsinya Rp 17.000, (jauh) lebih mahal dari kupat tahu biasa. Mungkin karena terkenal dan banyak artis yang datang. Lihat aja foto di spanduknya, dari Rio Febrian sampai Sisca Soewitomo ada. 

Kalau mau kesini, supaya aman, parkir di deket jalan besar aja/Midori atau Bersih Sehat cabang Citarum karena jalan di dalam sempit dan padat. 



Kupat Tahu Gempol
Jalan Gempol Kulon No.53
Citarum, Bandung Wetan, Bandung

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

Postingan Populer